GUBERNUR SUMBAR HADIRI PERTEMUAN ASOSIASI FEBI SELURUH INDONESIA

HumasUINIB, 29/11/18. Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Seluruh Indonesia ( AFEBIS) menggelar malam keakraban di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat (SUMBAR) di sela-sela acara “ANNUAL INTERNATIONAL CONFERENCE ISLAMIC ECONOMIC AND SOCIAL SCIENCES” Rabu malam (28/11).

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumbar Prof. Dr. Irwan Prayitno. Dalam sambutannya gubernur yang hoby main musik dan menyanyi ini menyampaikan beberapa keunikan dan kearifan lokal daerah SUMBAR. Pertama, masyarakat SUMBAR (MINANG) dikenal dengan garis keturunan MATRILINIAL yaitu menganut garis keturunan IBU. Kedua, banyak lahir Tokoh Nasional dari SUMBAR seperti; Bung Hatta, Sutan Syahrir, H. Agussalim, Buya Hamka,Tan Malaka, dan lain-lain.

Ketiga, orang Minang terkenal dengan kebiasaannya MERANTAU, sehingga dimana-mana ada orang Minang dengan NASI PADANGNYA. Keempat, Orang Minang sangat berpegang teguh dengan nilai-nilai Adat Minang yang dikenal dengan semboyan “ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH” (ABS-SBK).

Kelima yang tak kalah pentingnya adalah Ranah Minang terkenal kaya dengan aneka ragam kulinernya seperti RENDANG yang merupakan makanan TERENAK DI DUNIA. Sekali dicoba, tetap terkenang di dalam hati. Komentarnya hanya dua, yaitu ENAK DAN ENAK SEKALI. Rempah-rempahnya telah menetralisir kolesterolnya. Maka jangan takut makan rendang.

Sebelum kembali ke daerah masing-masing, silahkan jalan-jalan dulu di Kota Padang. Kita mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang tak kalah indah dan menariknya dibandingkan dengan propinsi lain. Di samping itu, Irwan Prayitno (IP) menyatakan: “Saya adalah anggota keluarga besar UIN Imam Bonjol Padang, karena orang tua saya dulu menjadi dosen di sana. Jadi dalam darah saya mengalir darah dari hasil gaji di UIN”, tutur IP menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (SEKJEN) AFEBIS-Dr. Ade Syofyan dalam sambutannya menyampaikan “Kami telah menikmati Kota Padang, kami telah pergi ke Objek Wisata Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis dan Pantai Muaro Padang, dan kami telah membeli oleh-oleh. Kedepan kita berharap pertemuan berikutnya tetap diadakan di Kota Padang”.

Rektor UIN IB Padang yang diwakili Wakil Rektor III-Dr. Ikhwan, SH, MA menyampaikan semoga pertemuan ini akan membawa angin segar dalam pengembangan Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah ke depan. Kita mempunyai potensi besar menuju Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah tersebut. Selanjutnya Ikhwan menyampaikan bahwa “Bapak Gubernur ini adalah anak dari Wakil Dekan III Fakultas Syariah IAIN IB Padang dan Ibunya Dosen Fakultas Ushuluddin, jadi beliau ini adalah anggota keluarga besar kita”.
Hadir sebagai Tuan Rumah Dekan FEBI UIN Imam Bonjol Padang Ahmad Wira, Ph. D beserta Wakil Dekan Hulwati, Ph. D, Dr. Rozalinda, Kepala Biro AAKK UIN IB-Kafrina, M. Si dan para dosen. Acara dimeriahkan oleh “IP Band” yang bertindak sebagai Drumer IP sang Gubernur.

Dalam pertemuan itu, Gubernur IP sempat menyampaikan beberapa bait pantun dan menyanyikan dua judul lagu kesayangannya dan dua judul lagu gubahannya sebagai tanda keramahan dan kegembiraannya menyambut para tamu. (Getri Ardenis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *