FEBI LAKSANAKAN ANNUAL INTERNATIONAL CONFERENCE ISLAMIC ECONOMIC AND SOCIAL SCIENCES

HumasUINIB, 29/11/18. Bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Padang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang melaksanakan kegiatan “ANNUAL INTERNATIONAL CONFERENCE ISLAMIC ECONOMIC AND SOCIAL SCIENCES I” di Aula BI Padang, Rabu/28-11-2018.

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka mensosialisasikan dan percepatan pelembagaan Ekonomi Syariah dan Bank Syariah.  Ahmad Wira, Ph. D (Dekan FEBI) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegitatan semacam ini baru pertama kali dilaksanakan, mudah2an akan tetap berlanjut di masa2 yang akan datang.

Hadir sebagai peserta para Dekan dan dosen FEBI Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia yng berjumlah 41 PTKIN, dosen dan mahasiswa FEBI UIN IB Padang.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor UIN IB Padang-Dr. Eka Putra Wirman, Lc, MA. Dalam sambutannya Eka menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang setinggi2nya kepada pihak BI yang telah berpartisipasi dalam rangka mengangkatkan acara ini. Mudah2an ke depan kita semua semakin konsen dan berkomitmen tinggi dalam rangka mensosialisasikan Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah

Bertindak sebagai Keynote speaker dalam kesempatan itu Irwan Zubir (BI Padang), nara sumber; Achmad Bukhori, Dr. Zulfan Tajuddin dari Western University Sydney-Australia, Abdul Mulki, SE, ACII, FIIS ( Asuransi ASKRIDA SYARIAH PADANG), Badan Pusat Statistik Padang, Dra. Hulwati, Ph. D (Dosen FEBI UIN IB Padang).

Dalam kesempatan itu dapat difahami bahwa sampai saat ini Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah lebih maju di negara2 tetangga seperti Malaysia dan Singapur dibandingkan dengan Indonesia, meskipun Indonesia berpenduduk muslim mayoritas. Hal ini disebabkan karena belum seayun selangkahnya semua steakholders yang ada di Indonesia dalam penerapan sistim Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah termasuk penduduknya.

Menurut Ahmad Wira, di Sumatera Barat sekarang sedang digodok Peraturan Daerah (Perda) tentang Wisata Halal. (Getri Ardenis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *