Rektor Bangga Alumni UIN IB Jadi Bupati Tanah Datar

Dr. Eka Putra Wirman, Lc, MA Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang menandatangani Nota Kesepahaman  (MoU) dengan Drs. H. Irdinansyah Tarmizi, Bupati Tanah Datar pada hari Rabu 13/11-2018 di Gedung Serba Guna (GSG) UIN IB Padang. Dalam sambutannya, Eka Putra Wirman menyampaikan rasa bangganya karena ada alumni UIN IB berhasil menjabat sebagai bupati/kepala daerah. Mudah-mudahan ke depannya akan semakin banyak alumni kita yang berkiprah pada jabatan politis dan lembaga-lembaga lainnya baik di sector swasta maupun sector pemerintahan.

Kerja sama yang digagas antara dua lembaga ini adalah dalam bidang penerapan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS SBK), Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, dan pembinaan perpustakaan masjid, perpustakaan sekolah dan perpustakaan nagari. Sementara itu, Bupati Tanah Datar Drs. H. Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan, nostalgia ketika masih berstatus sebagai mahasiswa UIN IB Padang sekitar 40 tahun yang lalu, bagaimana proses perpindahan kampus UIN IB dari Jalan Sudirman ke Lubuk Lintah berkat kerja keras segenap civitas akademika UIN IB, masyarakat sekitar, dan mahasiswa kala itu. “Kami alumni UIN IB yang menjadi Kepala Daerah ini jumlahnya tidak banyak, hanya 2 orang, satu lagi adalah Sarpin Hutauruk-Wali Kota Sibolga Propinsi Sumatera Utara,” imbuh Irdinansyah.

Sampai saat ini, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah membuat MoU dengan 3 perguruan tinggi, yaitu; UNAND, UNP, dan IAIN Batu Sangkar. Dan yang ke-4-nya adalah UIN Imam Bonjol Padang. Irdinansyah berpendapat bahwa MoU ini sangat penting, atau bahkan wajib. Selanjutnya Irdinansyah menjadi Keynote Speaker dalam acara Kuliah Umum yang diselenggarakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora. Dalam kuliah Umum tersebut, Irdinansyah menyampaikan bahwa Visi Kabupaten Tanah Datar adalah “Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar yang Madani, Berbudaya, dan Sejahtera dalam Nilai-Nilai Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah. Kabupaten Tanah  Datar merupakan Kabupaten kecil dan sumber daya alamnya juga kecil, maka kami memaksimalkan peningkatan dan pemanfaatan Sumber Daya Manusia.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berupaya mencerdaskan masyarakat melalui Perpustakaan Nagari, Perpustakaan Sekolah, dan Perpustakaan Masjid. Setiap Nagari harus mempunyai perpustakaan. Sampai dengan saat ini sudah ada 47 nagari dari 75 nagari yang telah mempunyai perpustakaan nagari. Perpustakaan Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab merupakan Perpustakaan Nagari Terbaik Tingkat Nasional. Semoga dengan perpustakaan ini dapat mencerdaskan masyarakat. Ke depan melalui MoU dengan UIN IB, akan dapat meningkatkan jumlah dan mutu perpustakaan di Kabupaten Tanah Datar. Dalam kesempatan itu, ditandatangani juga MoU antara Dekan Fakultas Adab dan Humaniora dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tanah Datar dan antara Dekan fakultas adab dan Humaniora dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar.  (Getri Ardenis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *