UIN IB Gelar Penutupan Sertifikasi Pelatihan Pembimbing Manasik Haji Sekaligus Penandatanganan MoU bersama Kanwil Kemenag Sumbar

HumasUINIB(12/11/18) Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) atau kesepahaman bersama guna untuk meningkatkan hubungan/relasi. Penandatangan dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Padang.

Adapun bentuk kerjasamanya meliputi, Pembinaan Pendidikan Islam, Pembinaan kehidupan beragama, Kerukunan intern dan antar umat beragama, Pembinaan dan fasilitasi kegiatan mahasiswa, Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Jaminan Masjid, Pengelolaan zakat, infaq, sadaqah, dan wafat.

Kesepahaman yang berlaku untuk jangka waktu lima tahun lima tahun ini dilaksanakan pada saat acara penutupan kegiatan sertifikasi pelatih manasik haji Sumbar. Sementara itu, pada saat memberikan sambutan, Rektor Dr. H. Eka Putra Wirman, Lc, Ma menyampaikan apresiasi yang tinggi jkepada pihak Kanwil Kemenag Sumbar serta jajarannya atas kerjasama yang baik telah menyelesaikan tugas sertifikasi petugas manasik haji. “Selamat dan semoga ilmu yang didapat akan bermanfaat,” katanya.

lain halnya dengan Kepala Kanwil Kemenag, H. Hendri, S. Ag, M. Pd mengatakan bahwa minat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji semakin tinggi. Menurut laporannya hingga saat ini daftartunggu calon  Jemaah haji secara nasional mencapai 3,8 juta orang dan untuk Sumbar sudah mencapai 800 ribu orang. “Untuk itu kita perlu meningkatkan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada calon Jemaah haji,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, pekerjaan sebagai pembimbing ibadah haji saat ini sudah menjadi profesi karena semakin tingginya minat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji. Untuk itu diharapkan para petugas haji memahami bimbingan manasik haji, memahami karakter Jemaah haji, memahami rukun ibadah haji, serta memahami syariat islam secara menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *