UIN IB Padang Adakan Temu Jaringan LPPM Internasional

HumasUINIB, 19/10/18. Bertempat di palanta rumah dinas walikota Padang, acara temu jaringan Lembaga Pusat Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) PTKIN se-Sumatera resmi dibuka Kamis (18/10/2018). Acara yang akan berlangsung 3 hari kedepan ini juga mengundang tamu LPPM dari Malaysia dan Brunei Darussalam itu dibuka oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam yang diwakili oleh Kasubdit penelitian, komunikasi ilmiah dan pengembangan masyarakat Kementerian Agama RI Dr. Suwendi, M.A.

Dalam sambutannya Dr. Suwendi, M.A. menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada UIN IB Padang yang telah mengangkat acara tersebut. Suwendi juga menyampaikan terima kasih kepada para ketua LPPM Se-Sumatera yang hadir pada acara tersebut. “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para peserta yang hadir dalam acara ini, semoga langkah UIN IB dalam melaksanakan acara ini bisa diikuti juga oleh jaringan-jaringan lain di Indonesia untuk mengadakan pertemuan seperti ini. Dengan diadakannya acara ini dapat semoga bisa meningkatkan hubungan dan kerjasama antar LPPM Se-Sumatera, saya juga berharap kedepannya acara seperti ini bisa meningkat menjadi temu LPPM se-Indonesia bahkan se-Asia Tenggara.” Ujarnya.

Walikota Padang dalam sambutan yang disampaikan oleh Kabag Organisasi Pemko Padang Drs. Sandra Imelda, M.Si juga mengucapkan terimakasih kepada UIN IB Padang yang telah melaksanakan acara tersebut. “Acara ini tentu akan memberikan efek yang sangat baik untuk UIN IB Padang, karena dengan mengangkat acara seperti ini bisa memperkenalkan UIN Padang lebih jauh ke Tingkat Nasional bahkan juga ke Internasional dengan telah mengundang tamu dari Malaysia dan Brunei Darussalam. Selain itu tentunya dengan diadakannya event ini juga bisa mempromosikan kota Padang ke tingkat Nasional dan Internasional. Walikota juga berharap kalau ada acara-acara besar yang diadakan UIN IB untuk mengadakannya di Padang saja, dan Pemko siap membantu dan memfasilitasi apapun yang perlukan oleh UIN IB,” jelasnya.

Wakil Rektor I UIN IB Padang Dr. Hetty Waluaty Triana, Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya kepada panitia yang telah bisa mengangkat acara tersebut. “Selama persiapan acara, panitia selalu dibayangi rasa cemas, apakah acara ini dapat terlaksa, apakah nantinya acara ini dapat terwujud dengan menghadirkan undangan dari LPPM Se-Sumatera dan undangan dari Malaysia dan Brunei Darussalam. Tetapi malam ini panitia pantas berbangga karena acara yang telah dipersiapkan beberapa bulan ini bisa terlaksana.”

Ketua panitia acara Dr. Ulfatmi mengatakan, tujuan diadakan acara ini adalah untuk melaksanakan kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat antar LPPM Se-Sumatera, Malaysia dan Brunei Darussalam. Ulfatmi menambahkan dengan diadakannya pertemuan ini juga diharapkan dapat mewujudkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara yang diawali dengan diadakannya pertukaran mahasiswa KKN dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) antar PTKIN yang ada di Sumatera, selain itu juga diharapkan akan terjalin kesepakatan kerjasama dalam berbagai bidang termasuk juga pertukaran mahasiswa KKN dan DPL ke Malaysia dan Brunei Darussalam. (R/EN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *