UIN IB Kirim Bantuan Ke IAIN Palu

HumasUINIB,15/10/18, Hari ini (Senin,15/10) UIN Imam Bonjol Padang akan kirimkan bantuan berupa dana untuk korban gempa dan tusnami di Palu, Sulawesi Tengah. Dana yang merupakan sumbangan sukarela dari civitas akademika UIN IB tersebut akan ditransfer ke rekening panitia yang sudah dibentuk oleh rektor IAIN Palu Prof. Dr. Sagaf S. Petalingi, M.Pd. Demikian disampaikan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN IB,  DR. Ikhwan, saat ditemui Humas di ruang kerjanya.

Dr. IKhwan menjelaskan bahwa dana sumbangan tersebut saat ini sudah terkumpul sebanyak Rp. 41.661.000,- (Empat puluh satu juta enam ratus enam puluh satu ribu rupiah). Berasal dari sumbangan para dosen, karyawan dan sebagian mahasiswa. Disebut sebagian mahasiswa karena memang sebagian UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) UIN Imam Bonjol sudah ada yang lebih dahulu mengumpulkan dan kemudian menyerahkan bantuan tersebut melalui lembaga lain. Seperti UKM KSR, menyalurkan bantuan melalui PMI Sumatera Barat, UKM Musik menyalurkan bantuan melalui Bazda.

Menjawab pertanyaan mengapa bantuan tersebut disalurkan tidak melalui pemerintah daerah yang juga sudah melakukan kegiatan serupa, DR. Ikhwan menyatakan bahwa UIN Imam Bonjol adalah perguruan tinggi agama yang satu komunitas dengan IAIN Palu. Maka sudah selayaknya atau wajar bila bantuan yang berasal dari keluarga UIN Imam Bonjol disalurkan melalui IAIN Palu, yang beberapa hari setelah musibah gempa dan tsunami sudah membentuk panitia penanggulangan korban bencana dimaksud. Untuk distribusi selanjutnya tentu merupakan wewenang dan kebijakan IAIN Palu. Apakah diserahkan kepada masyarakat banyak di Palu atau kepada keluarga besar IAIN Palu yang menjadi korban.

Pengumpulan dana sumbangan untuk korban gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah yang memakan korban lebih dari 2000 jiwa tersebut, sudah dimulai dua hari pasca musibah atas dasar surat edaran pimpinan UIN Imam Bonjol untuk mengumpulkan dana sumbangan secara sukarela. Secara teknis pengumpulan sumbangan dilakukan perfakultas dan lembaga lembaga yang ada di lingkungan UIN IB. Kemudian juga yang dikumpukan melaluui wadah media sosial (WA) civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang. (EN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *