UIN IB LAKUKAN SHALAT GHAIB

HumasUINIB,07/08/18. Sebagai bagian dari ujud berduka cita atas musibah gempa yang terjadi di Lombok NTB pada beberapa hari  yang lalu, yang kemudian memakan korban 98 jiwa (update terakhir), Civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang melaksanakan shalat ghaib untuk kaum muslim yang wafat dalam bencana alam tersebut. Shalat Jenazah ghaib yang dilakukan seusai shalat zuhur tersebut dilaksanakan di aula H Mansyur Dt. Nagari Basa Kampus II Lubuk Lintah, Selasa 7 Agustus 2018.

Kepala Biro AUPK  H. Khairunnas, SH. M.Hum kepada Humas menjelaskan bahwa ungkapan duka civitas akademika UIN IB atas musibah bencana alam yang terjadi di NTB, insyaallah tidak hanya dalam bentuk ibadah shalat ghaib. Namun dalam waktu dekat UIN IB akan mengumpulkan bantuan dana secara sukarela dari seluruh personil yang ada, baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Dana bantuan dimaksud terlebih dikumpulkan melalui Kementerian Agama RI dan nantinya akan diserahkan langsung oleh Menteri Agama.

Menyinggung shalat ghaib yang dilaksanakan di aula H Masyur Dt. Nagari Basa, Khairunnas menjelaskan bahwa mesjid kampus Baitul Hikmah masih dalam proses renovasi, sehingga belum dapat digunakan untuk beribadah. Insyaallah sesuai rencana, pengerjaan renovasi atas bantuan Ketua DPD RI Osman Sapta Odang tersebut akan selesai pada awal September 2018. Diharapkan pada awal tahun ajaran baru, mesjid kampus sudah dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Disamping itu, sejak akhir Juli sampai akhir Agust ini proses belajar mengajar di UIN IB sedang libur semester genap. Sehingga kampus kelihatan lebih sepi dari hari hari biasa. Sangat dimaklumi pelaksanaan shalat ghaib jamaahnya tidak sebanyak yang diharapkan. (EN).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *