UIN IB ADAKAN ASESMEN PEJABAT ESELON IV

HumasUINIB,06/08/18. Dalam upaya menempatkan tenaga kependidikan pada jabatan yang sesuai dengan kompetensinya, UIN Imam Bonjol melakukan asesmen pejabat eselon IV pada hari Sabtu dan Minggu 4 s/d 5 Agustus 2018 di gedung serbaguna Mahmud Yunus, Kampus II Lubuk Lintah. Kegiatan yang bertujuan menggali dan menggambarkan potensi dan kemampuan seseorang secara sikap mental, wawasan, managerial dan teknis tersebut diikuti oleh 60 orang. Terdiri dari 24 orang yang duduk di jabatan Pengawas (Pejabat Eselon IV) untuk mengisi jabatan eseloan III dan 36 orang yang tengah menjabat sebagai Pelaksana untuk mengisi jabatan eselon IV.

 

Wakil Rektor I Bidang Akademik Dra. Hetty Waluati Triana, Ph.D yang hadir membuka acara, dalam sambutannya menyatakan bahwa pelaksanaan asesmen wujud keseriusan pimpinan UIN Imam Bonjol dalam melakukan peningkatan pelayanan administratif dan akademik, sekaligus menjadi bagian dari langkah menuju Universitas yang kompetitif di ASEAN tahun 2037.  Hasil dari asesmen ini nantinyaakan menjadi pertimbangan bagi pimpinan UIN Imam Bonjol untuk memutuskan penempatan tenaga kependidikan pada jabatan yang lebih cocok dengan kompetensi masing masing personal.

Kepala Biro AAPK, H. Khairunnas, SH. M.Hum menyampaikan bahwa tim  pelaksana asesmen terdiri dari Tim Asesor dari Unand dan Tim Penjaminan Mutu dan Tktekhnis dari Asesmen Center Kemenag RI. Materi asesemen terdiri Psycotes, Diskusi kelompok, Wawancara kompetensi teknis, Wawancara Psikology yangberlangsung selama dua hari. Kegiatan ini telah disiapkan jauh hari sebelumnya dan beberapa membicarakannya dengan Tim Penjaminan Mutu dan Tktekhnis dari Asesmen Center Kemenag RI dan juga tim asesor dari Unand, sehingga materi dan indikator penilaian dapat disesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Lebih jauh H. Khairunnas menjelaskan bahwa Penerapan asesmen kompetensi adalah tonggak penting menuju penuntasan Reformasi Birokrasi, implementasi Revolusi Mental, internalisasi Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, dan penegakan Zona Integritas menuju Kementerian Agama sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Sebagaimana diketahui, Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dihadirkan untuk memastikan agar manajemen SDM aparatur berdasarkan pada perbandingan antara kualifikasi dan kompetensi pegawai dengan kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan oleh jabatan. Pola membandingkan dua hal inilah yang akan dicapai dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi sebagaimana juga telah dijelaskan dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 207 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Asesmen Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Agama.

Menindaklanjuti berbagai regulasi terkait implementasi asesmen kompetensi tersebut, khususnya Keputusan Menteri Agama Nomor 207 tahun 2013, pelaksanaan Kompetensi Jabatan UIN IB PADANG Kementerian Agama merupakan sine qua non (tindakan, kondisi, atau bahan yang sangat diperlukan dan penting) menuju pelaksanaan rekrutmen, penempatan, pengangkatan dan promosi pada jabatan dengan berbasiskan kompetensi pada UIN IB Padang.

KOMPETENSI JABATAN
A. Kompetensi Inti
1. Integritas (Integrity)
2. Kepemimpinan (Leadership)
3. Harmonisasi Keberagaman
4. Memprakarsai Perubahan
5. Menjaga Citra Kementerian Agama

B. Kompetensi Manajerial
1. Inovasi (INO)
2. Berpikir Analisis (BAN)
3. Berpikir konseptual (BK)
4. Pengendalian Diri (PD)
5. Komitmen terhadap Organisasi (KtO)
6. Inisiatif (Ini)
7. Semangat Berprestasi (SB)
8. Kerjasama (KS)
9. Mengembangkan Orang Lain (MOL)
10. Berorientasi pada Pelayanan (BpP)
11. Membangun Hubungan Kemitraan (MHK)
12. Pencarian Informasi (PI)
13. Pengambilan Keputusan dan Penyelesaian Masalah (PK)
14. Perencanaan dan Pengorganisasian (PPS)
15. Berorientasi pada Kualitas (BKU)
16. Mengelola Konflik (MKF)

C. Kompetensi Teknis-Pengetahuan
1. Kelompok Kompetensi Teknis Umum
2. Kelompok Kompetensi Teknis Hukum, Humas dan Sekretariat
3. Kelompok Kompetensi Teknis Kelembagaan dan SDM
4. Kelompok Kompetensi Teknis Keuangan
5. Kelompok Kompetensi Teknis IT

(EN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *