UIN IB Turunkan 350 Mhs KKN dan Tekan MoU dengan Pemda Solsel

350 mahasiswa KKN UIN IB Padang dan tekan Mou dengan Pemda di  Kab. Solok Selatan

 

HumasUINIB, 18/07/18 KKN merupakan proses balajar untuk manambah pengetahuan di tengah masyarakat, banyak kultur yang berbeda. Maka harus cepat menggali dan ber-asimilasi di tengah masyarakat dan harus banyak bertanya dengan yang tua. Demikian dikatakan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Dr. Eka Putra Wirman, MA ketika mengantar mahasiswa KKN UI IB padang di kantor Bupati Solok Selatan (Senin 16/7)

Jangan pakai prilaku dan sifat sok pintar tapi Perlu dipahami, disini jauh lebih banyak orang pintar.  Ketika pelaksanaan KKN ada banyak persoalan-persoalan yang ditemukan di tengah masyarakat, yang belum pernah ditemukan di bangku kuliah. Inilah saatnya untuk melatih diri dalam menyelesaikan persoalan kemasyarakat tersebut yang belum pernah di terima di kampus, tegas rektor.

Hadir dalam pertemuan itu Dekan Fak Adab Humaniora Dr. Yufni Faisol, MAg., Kepala Pengabdian Pada Masyarakat Testru Hendra, M.Ag., Kabag kerjasama Dra. Dadiarni, Kasubag Humas H. Suardi Sikumbang, S.Ag, M.Si. Kasubag LP2M Jamalis, S.Ag. Kapala dinas sosial pemberdayaan masyarakat Kab. Solok Selatan Hafizon ,SH,MM selaku ketua panitia dan pejabat lainnya.

Kepada bupati dan pemerintahan nagari kami menitip mahasiswa, Mahasiswa masih muda-mudah, belum memiliki pengetahuan karena itu, mereka butuh bimbingan, mereka sangat minim pengetahuan kemasyarakatan dengan latar belakang budaya dan adat yang berbeda pula. Tapi mereka dapat membantu masyarakat dengan program yang di bawa dari kampus. Selama mereka malaksanakan KKN ini, mereka di awasi oleh dosen pembimbing. Ada persoalan dengan mereka dilapangan bisa dikomunikasikan dengan pembimbingnya tersebut, kata Eka. Yang diakhiri dengan penandatanganan Mou antara kampus UIN IB Padang dengan Pemda Kab SolSel.

Bupati yang diwakili asisten I Dr. Fidel Effendi, MM mengatakan, setelah Mou ini, diharapkan bisa memberikan manfaat kedua belah fihak. Sebagai intelektual islam, diharap dapat memberikan kontribusi yang berorientasi kepada pembangunan masyarakat. Sebagaimana mahasiswa adalah agen perubahan, sebagai potensi dan fasilisator serta pemberi solusi di tengah masyarakat.    Mengembangkan ilmu-ilmu yang unggul dalam memberikan inspirasi, ide-ide, pola pikir, untuk kedua belah pihak.

Kepada 350 orang KKN UIN IB Padang di Solok Selatan, akan diberikan bantuan kertas untuk keperluan pembuatan laporan. Dan khusus untuk 75 orang mahasiswa KKN yang di Lubuak Ulang Aliang selain bantuan kertas pembuatan laporan, juga akan diberikan kemudahan dan bantuan transportasi penyeberangan dengan bantuan motor Boad untuk mempermudah berurusan keluar masuk Lubuak Ulang Aling  katanya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *