Pagi ini 1210 Mhs KKN UIN IB Berangkat ke Lokasi

HumasUINIB,16/07/1
Pagi ini (Selasa/16/07) sebanyak 1.210 mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang serentak berangkat dari kampus II Lubuk Lintah menuju lokasi KKN masing-masing. Para mahasiswa yang sudah menyelesaikan perkulihan semester VI dan masa pembekalan KKN sebelum bulan Ramadhan akan melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) selama satu bulan, sampai tanggal 15 Agustus 2018.

Keberangkatan mereka telah dilepas secara resmi oleh Rektor Dr. Eka Putra Wirman, MA hari Jum’at sore 12/07 di GSG Lubuk Lintah. Dalam arahannya Dr. Eka menjelaskan bahwa ada banyak hal positif yang diperoleh mahasiswa dengan program KKN. Di antaranya belajar hidup bermasyarakat sembari menerapkan sebagian ilmu yang sudah diperoleh. Merancang dan melaksanakan program sesuai target waktu dan kualitas karya. Karena itu program KKN masing-masing kelompok tidak dibawa dari kampus, tetapi direncanakan dan dibuat di lapangan setelah dirembukkan dengan pemuka masyarakat setempat.

Kepada calon pemimpin masa depan itu Rektor berpesan untuk memanfaatkan waktu yang singkat selama KKN semaksimal munkin. Kemudian untuk selalu menjaga nama baik almamater yang merupakan perguruan tinggi agama. Sikap keseharian saudara-saudara harus menunjukkan sebagai orang terdidik, pesan Eka.
Ketua KKN dalam laporannya menjelaskan bahwa lokasi KKN UIN IB tahun ini menyebar pada 73 Nagari dalam 24 kecamatan di 5 Kabupaten. 5 kabupaten tersebut adalah Pesisir Selatan, Solok Selatan, Agam, Tanah Datar dan Pasaman Barat. Jumlah keseluruhan peserta KKN 1948 orang dari 6 fakuktas. Namun yang dapat terjun bulan Juli hanya 5 fakultas, minus Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK). 738 orang mahasiswa FTK peserta KKN saat ini masih menjalani masa PPL di beberapa sekolah, sehingga mereka baru dapat memulai KKN pada bulan Nofember depan.
Suasana kampus II pagi Selasa terlihat lebih ramai dari biasa, dan halaman parkir dipenuhi oleh puluhan bis yang booking peserta KKN untuk membawa mereka ke lokasi masing-masing. Diinformasikan juga bahwa setiap kelompok mhs KKN berangkat didampingi oleh dosen pembimbing lapangan (DPL). Hari ini pada setiap ibu kota lima kabupaten dimaksud, mereka sudah ditunggu untuk serimonial serah terima mhs KKN dari pimpinan UIN IB kepada Pemda setempat. (EN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *