Rektor Tinjau Pembangunan Gedung Pustaka

HumasUINIB,22/06/18

Sekalipun masih dalam suasana Idul Fitri 1439 Hijriyah, hari kedua kerja pasca cuti bersama, Rektor Dr. Eka Putra Wirman, M.A. langsung melakukan berbagai kegiatan sebagai pucuk pimpinan UIN Imam Bonjol. Pagi Jum’at, 22/06/18 seusai menerima beberapa tamu, Dr. Eka didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Drs. Mardius dan Kasubag Humas Suardi, M.Si meninjau proses pembangunan lantai III gedung pustaka UIN IB di kampus II Lubuk Lintah. Doktor dibidang Sejarah Pemikiran Islam tersebut tersenyum sumingrah melihat para pekerja yang penuh semangat melakukan pekerjaan masing masing.

Di sela sela dialog dengan PPK dan staf Unit Layanan Pengadaan (Ardi) berkenaan dengan spesifik rencana bangunan dan ruang perpustakaan yang dikerjakan oleh PT. Prindos Jaya tersebut, kepada Humas Rektor menyatakan bahwa penyelesaian bangunan perpustakaan ini merupakan bagian dari tahap ke III dari pembangunan gedung gedung vital di kampus II. Dua tahap sebelumnya yang sudah selesai adalah Gedung Serba Guna Prof. Mahmud Yunus, sementara Gedung Rektorat tinggal pengadaan landscap yang dalam perencanaanya akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2018 ini. Kemudian renovasi mesjid yang merupakan bantuaan langsung dari wakil ketua MPR, DR. Osman Sapta Odang Datuak Bandaro Sutan Nan Kayo proses pengerjaannya sedang berlangsung, insyaallah pada bulan September tahun ini sudah selesai dan mesjid kembali dapat difungsikan seperti semula.

Lebih jauh Rektor termuda itu menjelaskan bahwa penyelesaian gedung gedung vital tersebut sesuai dengan visi dan progam 4 tahun priode rektor 2017-2022, yakni Konsolidasi dan Penguatan Lembaga. Penguatann lembaga dari segi akademik diantaranya adalah meningkatkan akreditasi prodi dan jurusan, sehingga tidak ada lagi prodi atau jurusan yang terakreditasi C. Kemudian penyempurnaan kurikulum yang berbasis KKNI sudah tuntas, seiring dengan dua jurnal yang sudah terakreditasi nasional dan juga Pustipanda (Pusat Informasi dan Pangkalan Data) juga sudah lancar. Portal akademik serta portal berita UINIB sudah dapat difungsikan. Selanjutnya pengadaan Labor IT yang masih dalam proses.

 

Di bidang sarana dan prasarana, Dr. Eka menyatakan bahwa pada tahun 2018 ini pembangunan dan penyempurnaan gedung gedung vital sekaligus rehap rehap gedung kuliah dapat diselesaikan. Penggerkaan gdung pustaka dan lanscap gedung rektorat ditarget sudah tuntas pada akhir bulan September. Sementara rencana penambahan daya listrik untuk mendukung segenap fasiltas yang membutuhkan energi listrik sedang ajukan untuk anggran tahun 2019. Dijelaskan bahwa daya listrik yang dibutuhkan setidaknya 1000 Kpa, sedangkan yang tersedia saat ini hanya 550 Kpa yang ternyata tidak mencukupi. Untuk penambahan daya sampai 1000 Kpa tersebut dibutuhkan membangun satu travo di areal kampus II Lubuk Lintah. EN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *