Pembinaan ASN UIN Imam Bonjol

HumasUINIB, 21/06/18

Mengawali hari pertama masuk kerja Kamis 21 Juni 2018,  seusai cuti nasional liburan Idul Fitri 1439 Hijriyah, Civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang lengsung melakasanakan acara Pembinaan Aparatur Sipil Negara, sekaligus Halal bi Halal dalam suasana Idul Fitri, di Gedung Serba Guna Prof. Mahmud Yunus Kampus II Lubuk Lintah Padang. Pada kegiatan yang mendatangkan Fauziyah Fauzan, SE, SKT, M.Si (Pimpinan Ponpes Diniyah Putri Padang Panjang) sebagai nara sumber, hadir juga para sesepuh dan pensiunan UIN Imam Bonjol. Di antara Prof. Dr. Amir Syarifuddin (mantan Rektor ), Dr. Raichul Amar, Huda Hanum, Azwir Makruf, dan beberapa orang lainnya.

Rektor Dr. Eka Putra Wirman, MA dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya atas kehadiran para sesepuh dan pensiunan UIN Imam Bonjol. Bagi Eka kehadiran para sesepuh menjadi satu di antara beberapa pendorong semangat civitas akademika untuk terus menggenjot kemajuan UIN Imam Bonjol ke arah yang lebih baik dan berkualitas. Setidak mampu meletakkan dasar dasar yang kokoh menuju PTA yang kompetitif di kawasan Asean pada tahun 2037. Lebih jauh rektor menjelaskan bahwa fokus UIN Imam Bonjol pada tahun aggaran 2018 dibidang akademik adalah meningkatkan porsentase prodi dan jurusan yang berakreditasi A, sebagai syarat awal agar UIN Imam Bonjol pada tahun mendatang bisa memperoleh akreditasi A. Selanjutnya terus mendorong dan memberi kesempatan kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengembangkan SDM lewat berbagai program pendidikan dan pelatihan, seperti Program 5000 Doktor. Kemudian dari segi pembangunan fisik, tahun ini UIN Imam Bonjol akan menyelesaikan pembangunan gedung pustaka beserta landscapnya, landscap gedung rektorat. Penyelesaian tanah di Kampus III Sungai Bangek dan melengkapi berkas berkas untuk pembangunan 8 Gedung berlantai IV dengan dana dari SBSN (Surat Berharga Syari’ah Negara).  Sementara tanah hibah dari pemda kabupaten Padang Pariaman di kawasan Tarok City yang direncanakan untuk kampus IV insyaallah pada tahun ini pengurusan sertifikatnya bisa diselesaikan.

Dr. Eka berharap berkah Ramadhan 1439 H yang telah membakar (insyaallah) segenap dosa dosa dan berbagai kesalahan kita kepada Allah dan kepada sesama manusia, bisa menjadi energi tambahan yang signifikan untuk memacu perkembangan UIN Imam Bonjol. Sesuai dengan namanya, UIN Imam Bonjol semestinya menjadi “imam” dalam pelaksanaan dan pengembangan pendidikan serta keilmuan Islam. Niat dan semangat yang kuat, diserta pemahaman dan langkah yang seirama dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan sesuai dengan tupoksi masing masing, adalah modal non material yang penting untuk mengantarkan UIN Imam Bonjol menjadi PTAIN yang berkualitas dan berprestasi. Sesuai dengan kata kata pernah diucapkan oleh mantan wakil rektor IAIN Imam Bonjol alm. Dr. Fauzan El-Muhammadiy, MA, kelak lewat UIN Imam Bonjol ini akan lahir para ulama dan cendikiawan muslim yang berkualitas dan jadi panutan umat.

Dr. H. Raichul Amar, M. Pd yang diamanahi sebagai ketua Pengumpul Dokumen dan Data Sejarah UIN Imam Bonjol, saat diminta memberikan sepatah kata, mengungkapkan bahwa bagaimanapun UIN Imam Bonjol harus memiliki data dan dokumen sejarah perkembangan yang lengkap. Baik yang berkenaan dengan sarana prasarana, akademik dan juga civitas akademikanya. Suatu saat UIN Imam Bonjol musti memiliki  museum dokumen dan data sejarahnya. Pada kesempatan itu, Dr. Raichul Amar juga menyerahkan photo mobil dinas pertama IAIN Imam Bonjol, pemberian dari bapak Azhari, yang waktu itu menjadi Sekretaris Daerah Sumbar. Mobil tersebut menurut Raicul sebelumnya adalah mobil dinas Sekda yang kemudian dihibahkan ke IAIN Imam Bonjol, dengan nomor polisi “Sabaleh Ciek Tali” (BA 1125).

Kegiatan Halal bi Halal dan Pembinaan ASN UIN Imam Bonjol diakhiri dengan saling bersalaman dan makan siang bersama. Suasana hangat dan penuh kegembiraan sangat kentara dari wajah wajah para sesepuh, pensiunan dan civitas akademika UIN IB. (EN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *