RAT KSPN UIN IB Berikan Doorprize Kulkas dan Mesin Cuci

HumasUINIB, 31/05/18

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Syari’ah Pegawai Negeri (KSPN) UIN Imam Bonjol tahun ini kembali dimeriahkan dengan pemberian doorprize yang menggembirakan anggotanya yang berjumlah 449 orang yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan. Ada beberapa hadiah besar yang disediakan pengurus untuk anggota menjelang hari raya idhul fitri 1438 H, di antaranya kulkas, mesin cuci. Pengurus juga menyediakan sejumlah mukena, seprai, sarung dan kaju kaos yang diperkirakan semuanya bernilai tidak kurang dari 150 biji. Tiga orang anggota yang beruntung memperoleh hadiah besar di atas adalah, Armen dari Perpustakaan Pusat dan Hasnah dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan masing mendapat undian kulkas satu pintu. Sementara Mardison dosen FTK memperoleh mesin cuci. Sehingga suasana di di Gedung Pertemuan Buya H. Sutan Mansyur Datuak Nagari Basa kampus II Lubuk Lintah, kemaren Rabu 30 Mei 2018 berlangsung ceria dan penuh candaan.

RAT KSPN UIN IB yang dibuka oleh Kepala Biro AUPK Khairunnas, SH. MH mewakili Rektor melaporkan bahwa dari tahun ke tahun Sisa Hasil Usaha (SHU) dan jumlah aset¬† Koperasi Syari’ah Pegawai Negeri (KSPN) UIN Imam Bonjol terus mengalami peningkatan. Secara tertulis dijelaskan sekalipun jumlah peningkatan SHU dan aset dimaksud tidak terlalu signifikan, namun hal tersebut seiring dengan makin berkurangnya jumlah hutang KSPN kepada dua bank yang sebelumnya berkenan memberikan pinjaman sebagai modal. Hutang yang sebelumnya hampir satu milyar, per 31 Desember 2017 hanya tinggal sekitar 550 juta.

 

Kepala Biro AUPK Khairunnas, SH. MH yang mewakili Rektor dalam sambutannya saat membuka RAT memberikan apresisiasi atas perkembangan KSPN UIN IB dan berharap ke depan dapat semakin meningkatkan layanan untuk kesejahteraan seluruh anggota. Disamping itu menurut Khairunnas, KSPN ke depan perlu memikirkan berbagai usaha yang lebih berpeluang mendatangkan penghasilan yang lebih baik, sembari tetap mengkaji dan mencari solusi agar usaha usaha yang dilakukan KSPN benar benar syar’i, sesuai dengan aturan agama Islam. Nama koperasinya menggunakan kata Syari’ah dan itu milik pegawai UIN IB, akan lucu dan naif bila kemudian ternyata ada usaha dari koperasi tersebut yang tidak sesuai dengan aturan syari’ah, tegas Khairunnas sambil mengutip ayat suci al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 275 tentang riba. Dimana pada ayat tersebut dinyatakan bahwa orang orang yang memakan riba akan kekal dalam neraka.

 

Khairunnas yang merupakan putra Luhak Tanah Datar tersebut mencontohkan, ke depan bila ada anggota KSPN yang berniat membeli kendaraan dengan meminjam dana dari koperasi, semestinya koperasi saja yang membeli kendaraan dimaksud, kemudian dijual ke anggota dengan margin keuntungan yang wajar. Seterusnya anggota tinggal mencicil hutang tanpa bunga. Sementara pinjaman2 yang tidak ditujukan membeli barang sebaiknya tidak menerapkan sistem bunga. Selanjutnya Kabiro juga menyarankan kepada KSPN kedepan untuk hanya bertransaksi dan bekerjasama dengan bank syari’ah. Sekalipun sampai saat ini sistem bank syari’ah yang ada masih dipertanyakan kesyar’iannya, setidaknya kita telah berupaya untuk lebih syar’i. EN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *