Jelang Ramadhan 1439H, UIN IB Lakukan Pembinaan Pegawai

HumasUINIB,14/05/18

Menyambut bulan suci Ramadhan 1439H yang diperkirakan bertepatan dengan hari Kamis 17/05/2018, UIN IB Padang melakukan Pembinaan Pegawai. Kegiatan yang sebenarnya bersifat rutin satu kali dalam tiga bulan. Di samping bertujuan membangun silaturrahmi yang lebih komukatif antara sesama pegawai dan jajaran pimpinan, juga bermanfaat mengupgrade etos kerja dengan pemberian materi yang bersifat motifasi dari pimpinan.

 

Kegiatan yang berlangsung di gedung rektorat kampus II  Lubuk Lintah dimulai dengan bersama-sama membaca al-Qur’an sebanyak satu juz perorang. Selanjutnya pemberian thaushiyah yang disampaikan oleh WR II DR. Firdaus, M.Ag. Dalam thaushiyahnya Dr. Firdaus menyampaikan bahwa kelak di akhirat ada dua yang akan memberikan syafa’at untuk umat Islam. Pertama adalah Rasul SAW dan kedua al-Qur’an yang dibaca. Karena itu selaku umat Islam yang menginginkan kebahagiaan di akhirat kelak, harus rajin bersalawat dan membaca al-Qur’an.

Membaca al-Qur’an menurut Dr. Firdaus tidak hanya mendapat pahala, namun bacaan al-Qur’an juga menjadi penyejuk dan obat hati. Setiap orang pasti mempunyai masalah, yang teekadang masalah tersebut berpengaruh pada suasana hati, maka membaca al-Qur’an adalah obatnya. Bahkan rumah yang di dalamnya sering dibaca al-Qur’an di’sinari’.

 

Selanjutnya Dr. Furdaus menyampaikan satu di antara trik untuk meningkatkan dan menjaga  etos kerja adalah menjadikan pekerjaan sebagai bagian dari ibadah kepada Allah. Seseorang yang menjadikan aktifitas pekerjaan sebagai ibadah, ia akan selalu termotivasi untuk menghadapi segala tantangannya dan mengupayakan kualitas pelaksanaannya semaksimal mungkin. Terakhir dalam thaushiyah menjelang zubur tersebut, WR II menyarankan kepada setiap pegawai UIN Imam Bonjol untuk selalu bethusnudhan kepada siapapun, terutama kepada Allah. Sikap husnudhan secara psikologis akan membuat seseorang lebih damai dan tentram. EN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *