Rektor UIN IB dan Wagub Sumbar Lepas 12 Ribu Mhs KKN.

HumasUINIB,18/04/18

Rektor UIN IB Dr. Eka Putra Wirman, MA dan Wagub Sumbar Drs. H. Nasrul Abit, Dt. Malintang Panai lepas secara resmi keberangkatan 12.582 orang mahasiswa KKN Bersama dari sepuluh Perguruan Tinggi (UIN IB Padang, IAIN Bukittinggi, IAIN Batusangkar, Unand, ISI Padang Panjang, Universitas Bung Hatta, Universitas Eka Sakti (Unes), Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Staipiq dan Taman Siswa) se Sumatera Barat, di GSG Mahmud Yunus Kampus II Lubuk Lintah, 7/5/18.

 

Dijelaskan bahwa 12 686 mhs KKN tersebut akan disebar di 5 daerah kabupaten kota, yakni Pasaman Barat, Agam, Tanah Datar, Solok Selatan dan Pesisir Selatan. 16 juli s/d 20 Agust 2018. Staifiq berangkat sebelum ramadhan. Para mahasiswa KKN tersebut akan berada di lapangan sekitar satu bulan, melaksanakan berbagai program yang sudah dirancang dan dibicarakan dengan pemerintah dan pemuka masyarakat setempat. Kehadiran dan aktifitas mereka diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan masyarakat pedesaan dengan berbagai program yang disesuaikan dengan kondisi daerah yang ditempati. UIN Imam Bonjol pada tahun ini menurunkan sebanyak 1.429 orang untuk mengikuti KKN yang menjadi satu syarat untuk menyelesaikan program studi S.1.

 

Dr. Eka Putra Wirman dalam sambutannya sekaligus mewakili pimpinan 10 PT, menyatakan kegiatan KKN bersama yang dikoordinir oleh Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Pedesaan memiliki beberapa dampak positif dan kelanjutanya perlu mendapat dukungan penuh dari Pemda Tingkat satu dan juga pemda tingkat II sesumatera Barat, KKN serentak atau bersama menurut DR. Eka Putra Wirman programnya dapat dipadu padankan dengan berbagai program pembangunan di pedesaan dan kelurahan. Untuk KKN Bersama, UIN Imam Bonjol sudah yang kedua kali diberi amanah menjadi tuan rumah pelepasan. Dr. Eka menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Propinsi Sumatera Barat.

Sementara itu Wagub Sumbar Drs. H. Nasrul Abit, Dt. Malintang Panai saat memberikan arahan dan melepas secara resmi menyampaikan kepada mahasiswa KKN bahwa dalam hidup ada hal hal prinsip yang mesti dimiliki seseorang. Di antaranya adalah optimis, percaya pada kemampuan diri, rendah hati, tidak sombong dengan kelebihan yang dimiliki dan melakukan ajaran agama. Menurut Nasrul, bila seseorang sudah meninggalkan agamanya, tidak mau melaksanakan pokok pokok ajaran agama, seperti shalat dalam Islam, maka orang tersebut sesungguhnya sedang menuju kehancuran diri, terutama dari sisi nilai nilai. Selanjutnya sikap menghargai waktu adalah hal paling penting dan mahal dalam hidup. Bila baru baru ini Presiden menyampaikan bahwa harga bisa kalajengking mencapai 145 m perkilogram, maka sejatinya yang paling mahal di dunia ini adalah waktu. Seba waktu yang berlalu bagaimanapun tidak akan dapat dikembalikan lagi. EN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *