UIN IB Targetkan Terakreditasi “A” Tahun 2020

HumasUINIB, 16/04/18

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, berkomitmen dan terus berbenah diri untuk menjadi kampus pendidikan Islam terkemuka di tanah air dan kompetitif di ASEAN. Satu di antara target jangka menengah adalah meraih terakreditasi  institusi “A” tahun 2021 mendatang. Pernyataan itu disampaikan Rektor UIN-IB Padang, Dr. Eka Putra Wirman ,MA., usai prosesi Wisuda Periode ke-79 Tahun Akademik 2018, tingkat diploma, sarjana, dan magister serta doktor  di Gedung Serbaguna Kampus II UIN-IB Lubuk Lintah Padang, Sabtu (14/4).

 

“Kita terus menggenjot setiap fakultas agar tetap berupaya meningkatkan akreditasi program studi (prodi), minimal setiap fakultas harus dua Prodi terakreditasi “A”,” tegas Eka. Menurutnya akreditasi Prodi ini merupakan salah satu bukti dan tolok ukur kinerja dekan di setiap fakultas. Penegasan ini menurut Rektor sesuai tahapan visi UIN-IB Padang dan juga sudah tertuang dalam Perencanaan dan Strategi (Renstra) UIN-IB Padang tahun 2017-2021. “Saat ini Prodi kita sudah 4 yang terakreditasi “A”, 29 terakreditasi “B”, dan 2 terakreditasi “C”.  Secara institusi kita terakreditasi “B” dengan nilai 315. Sementara untuk terakreditasi “A” minimal 50 persen dari seluruh Prodi harus terakreditasi “A”. Meskipun mustahil, kita harus berani menembus kemustahilan itu agar terakreditasi “A” tahun 2020,” tegasnya penuh keyakinan.

Selain berupaya meningkatkan akreditasi Prodi dan institusi, pihaknya juga akan menargetkan jurnal ilmiah terakreditasi. Saat ini dikatakannya sudah dua jurnal ilmiah yang terakreditasi Kemenristekdikti, yakni Al-Ta’lim Journal dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, serta Kafa’ah Journal of Gender Studies. Terkait penerbitan jurnal ilmiah ini dikatakannya, juga sebagai salah satu prioritas Rektor UIN-IB Padang kedepan. “Kita berupaya hingga tahun 2021 mendatang lima jurnal harus bisa terakreditasi atau terindeks secara nasional,” ujar Eka pada wisuda ke-79 tersebut.

Wisuda akademik ke-79 ini merupakan “alek gadang” kedua UIN-IB Padang yang kedua kalinya, pasca beralih status dari IAIN menjadi UIN. Wisuda ke-79 tahun 2018 ini UIN-IB Padang kembali mengukuhkan sebanyak 809 orang sebagai alumni, yang terdiri dari 78 diploma, 652 sarjana, dan 79 magister. Adapun rinciannya terbagi 6 fakultas dan satu Pascasarjana, yakni, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) 70 orang, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) 62 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 98 orang, Fakultas Syariah (FS) 77 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTG) 315 orang, Fakultas Ushuluddin (FU) 72 orang, dan Program Pascasarjana (PPs) 79 orang. Eka berharap, agar wisudawan/ti yang secara otomatis tergabung sebagai alumni UIN-IB Padang, agar bisa berkontribusi secara maksimal untuk kemaslahatan umat, agama, masyarakat, bangsa, dan negara. Sekaligus, ia juga katakan agar para alumni bisa mengaplikasikan ilmunya serta menjaga nama baikalmamater.

Pada kesempatan itu Dr. Eka Putra Wirman, MA juga menyatakan bahwa UIN IB akan tetap berkonsentrasi dalam ilmua keagamaan. Menganut prinsip integrasi ilmu dalam pengembangannya  ke depan. Integrasi dimaksud merupakan penyatuan ilmu ilmu keagamaan (Islam) dengan ilmu-ilmu lain sehingga ilmu ilmu tersebut tidak bebas nilai dan terdikotomi. Dalam konteks itulah UIN IB haru mampu berkreasi dan berinovasi guna menghasilkan lulusan dengan kualitas insanulkamil yang kaya dengan khazanah keilmua. EN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *