UIN IB Dikunjungi Kapolres Baru Kota Padang

HumasUINIB, 09/04/18

Rektor Dr. Eka Putra Wirman, MA bersama jajaran pimpinan UIN IB Padang pagi (Senin, 9/4/18) tadi menerima kunjungan Kapolresta Kota Padang AKBP Yusmar, Trihimawa, SIK,  MSi dan rombongan di kampus II Lubuk Lintah Padang. Kapolresta Padang yang baru dilantik seminggu sebelumnya, datang bersama Konsultan Keagamaan dan Masyarakat Polda Sumbar DR. Zaitul Ichlas didampingi Kasat lantas Polresta dan Kaplosek Kuranji.

 

Dalam acara ramah tamah di ruang pertemuan rektorat, Rektor UIN IN Eka Putra Wirman menyatakan kegembiraannya menyambut kungjungan dari Koploresta Padang, sekaligus mengucapkan selamat bertugas dan semoga sukses. Menurutnya kunjungan tersebut merupakan sejarah pertama seorang Kapolresta Padang yang baru dilantik kemudian mengunjungi beberapa perguruan tinggi, termasuk di dalamnya UIN Imam Bonjol. Hal tersebut akan berdampak positif bagi kedua pihak. UIN IB akan mendapat berbagai informasi terkait dengan soal soal keamanan dan ketertipan yang perlu diketahui oleh civitas akademika. Sebaliknya Polresta juga akan mendapatkan informasi tentang kondisi kampus UIN IB dan sekaligus menampung berbagai harapan ataupun keluhan yang munkin dapat diatasi oleh Polresta sebagai penegak hukum di Kota Padang.

Usai memperkenalkan beberapa jajaran pimpinan UIN IB Padang, Rektor juga menjelaskan kondisi fisik dan akademik UIN IB. Data disampaikan bahwa tahun akademik 2017/2018 UIN memiliki mahasiswa lebih kurang 11.000 orang yang tersebar pada enam fakultas dan satu pascasarjana. Tiga lokasi kampus, yakni kampus I di jalan Sudirman khusus untuk kegiatan belajar mengajar Pascasarja, Kampus II di Lubuk Lintah Kec. Kuranji ditempati oleh lima Fakultas dan rektorat serta kampus III di Sungai Bangek yang ditempati oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Rektor menyampaikan harapan kepada Kapolresta Padang untuk dapat meningkatkan keamanan pada ketiga lokasi kampus tersebut dan lingkungan sekitarnya.

AKBP Yusmar Trihimawa, SIK, MSi, menyatakan bahwa UIN IB merupakan perguruan tinggi pertama yang ia kunjungi secara resmi setelah ia dilantik menjadi Kapolresta Padang. Ia memandang bahwa Polresta Padang perlu menjalin hubungan yang komunikatif dengan civitas akademika perguruan tinggi, termasuk UIN IB. UIN IB menurutnya menempati posisi penting dalam kaitan koordinasi dan informasi upaya meningkatkan ketertiban dan keamanan masyarakat, karena civitas akademika UIN, dalam hal ini terutama dosen dan mahasiswa banyak diantaranya yang menjadi tokoh dalam lingkungan masyarakat dimana mereka bertempat tinggal. Artinya civitas akademika UIN IB sesungguh memiliki pengaruh kuat dalam masyarakat, potensi dipandang dapat membantu pihak polresta dalam manjaga dan meningkatkan ketertipan, keamanan.

Terakhir Yusmar yang merupakan putra Manggopoh Kabupaten Agam tersebut menyatakan bahwa Polresta di bawah kepemimpinannya akan lebih intens menjalin komunikasi dengan lembaga pendidikan, baik pendidikan umum maupun pendidikan agama. Yusmar juga berjanji akan menempatkan samsat keliling di kampus II UIN IB Lubuk Lintah sebagai bemtuk layanan prima ke civitas akademika UIN IB. (EN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *