UIN IB URUTAN 1 DIMINATI SESUMATERA

HumasUINIB, 06/04/18

UIN Imam Bonjol Padang menempati urutan pertama terbanyak di minati calon mahasiswa baru lewat Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) tahun 2018 darti seluruh PTKIN (Perguruan Tinggi Kementerian Islam Negeri) di pulau Sumatera. Demikian dinyatakan oleh Rektor DR. Eka Putra Wirman, MA baru baru ini kepada Humas dan wartawan media cetak di ruang kerjanya, kampus II Lubuk Lintah.

 

Data terakhir yang tercatat pada aplikasi SPAN menurut Eka Putra, peminat yang sudah mendaftarkan diri untuk menjadi calon mahasiswa baru di UIN IB sudah mencapai 15.875 orang,  tersebar pada 35 prodi yang ada di UIN IB. Sementara quota UIN IB melalui SPAN tahun ini hanya 1460 orang. Artinya ada kompetisi yang cukup tinggi untuk bisa menjadi mahasiswa UIN IB.  Lebih jauh Eka menungkapkan kondisi ini patut diyukuri oleh segenap civitas akademika UIN IB, sebab bagaimanapun hal tersebut menjadi indikator bahwa kerja keras pimpinan dan segenap civitas akademika dalam upaya meningkatkan kualitas lembaga dari waktu ke waktu makin mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Pada tahun ajaran 2018-2019 ini UIN Imam Bonjol direncanakan akan menerima mahasiswa baru sebanyak 3.200 orang. Semua tersebar pada 35 prodi, termasuk pascasarja yang berkampus di jalan Sudirman Padang. Dijelaskan bahwa terkait dengan kondisi sarana prasarana, terutama jumlah lokal tempat pelaksanaan kuliah, maka UIN IB belum dapat menambah jumlah penerimaannya dibanding dengan tahun tahun sebelumnya. Insyaallah apabila pembangunan kampus III di Sungai Bangek dapat terlaksana pada tahun ini, yang mana anggarannya dari bantuan IDB (Islamic Development Bank), maka UIN IB akan bisa menampung calon mahasiswa baru yang jauh lebih banyak dari sekarang. Apalagi setelah UIN IB membuka fakultas dan prodi-prodi baru, sebagai konsekuensi logis setelah alih status dari IAIN menjadi UIN. (EN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *