Tuan Guru bajang Berikan Kuliah Umum di UIN Imam Bonjol Padang

HUMASUINIB, 08/02/18
Tuan Guru Bajang (TGB) Dr. H. Zainul Majdi, Lc, MA yang beberapa waktu namanya mencuat sebagai tokoh muslim di pentas politik nasional, berikan Kuliah Umum kepada civitas akademika UIN imam Bonjol Padang, Kamis, 08/02/18.

 

Kehadiran THB di sela kegiatannya dalam acara Hari Pers Nasional 2018 yang dipusatkan di Sumatera Barat,  disambut antusias oleh ratusan civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang,  di aula fakultas Adab dan Humaniora.

Rektor UIN imam Bonjol Padang,  Dr.  Eka Putra Wirman,  Lc. MA,  dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedatangan TGB ke UIN IB merupakan anugerah atau rahmat yang besar bagi civitas akademika. Saat ini suit mencari tokoh yang ulama sekaligus umara dan sekaligus hafiz 30 juz al-Qur’an.  Ilmu dan pengalaman beliau sebagai gubernur NTB,  gubernur termuda di Indonesia perlu kita simak untuk membabgkitkan ghirah kecintaan kepada agama dan juga negara RI.

Dalam orasinya,  TGB mengungkapkan kekeliruan pandangan dan sikap politik sebagian umat Islam di Indonesia.  Sikap mengambil jarak atau menjauh dari kancah politik karena dianggap kotor. Padahal menurut Al-Gazali,  agama dan negara ibarat dua mata sisi uang,  yang tidak bisa dipisahkan.

Sikap menjauh umat Islam  dari kontestasi politik menurut Gubernur dua priode tersebut justru akan menimbulkan dampak negatif dalam hidup bernegara.  Yang pada akhirnya juga berdampak pada hampir seluruh sisi kehidupan umat.

Bagi Tuan Guru,  dalam kehidupan bernegara umat Islam harus masuk ke seluruh lini.  Indonesia sekalipun bukan negara agama,  namun menurutnya memiliki fasilitas dan kemungkinan untuk menjadi negara yang makmur dan bermartabat. Islam dan umatnya tidak akan menimbulkan kezaliman pada umat lain,  sebab prinsip Islam adalah menjadi rahmat bagi alam.

Terakhir menurut Tuan Guru Bajang dakwah dengan siyasah (dakwah dengan kebijakan konstitusi)  jauh lebih kuat dan bermanfaat bagi masyarakat. EN.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *