UIN IB dan Kodim 0312 Padang Laksanakan Lomba Bintal

Padang, Humas 12/6/17.

Kerjasama UIN Imam Bonjol dengan Kodim 0312 Padang dalam melaksanakan Lomba Bidang Bintal di kampus II UIN IB Lubuk Padang dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT ke 72 TNI Tahun 2017 adalah bagian sinergisitas antara perguruan tinggi Islam dengan lembaga ketahanan negara dalam melakukan pembinaan terhadap anak bangsa. Demikian diungkapkan Rektor UIN Imam Bonjol Padang Dr. Eka Putra Wirman, M.A dalam sambutan saat pembukaan secara resmi Lomba Bidang Bintal dimaksud tadi pagi di Aula Pertemuan Buya Mansyur Dt. Nagari Basa 12/06/2017.

Dr. Eka Putra menjelaskan, UIN Imam Bonjol menyambut baik kepercayaan Kodim 0312 Padang untuk melaksanakan Lomba Bidang Pembinaa Mental di kampus II UIN Imam Bonjol. Ke depan UIN IB berharap makin terjalin kerjasama yang erat dalam berbagai bentuk kegiatan antara UIN Imam Bonjol dengan institusi TNI, baik TNI AD, AU dan AL serta juga kepolisian pada institusi Polda dan Polresta. Moment kerjsama ini semakin tepat seiring dengan perubahan atau alih status IAIN Imam Bonjol menjadi UIN IB, dimana tidak tertutup kemungkinan UIN IB membuka prodi yang terkait dengan bagian keterampilan pada TNI. Seperti kedirgantaraan, sebagaimana yang diusulkan oleh Danrem Wirbraja 032.

Menutup sambutannya, Rektor UIN IB mengharapkan kegiatan lomba Bintal berjalan dengan lancar. Mengingat cabang dilombakan terkait dengan hal hal yang religius dan di dalam bulan ramadhan, semoga tidak ada sedikitpun ada kecurangan atau ketidakadilan, dilakukan oleh siapapun.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP yang juga hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara, menyatakan bahwa acara lomba Pembinaan Mental yang dilakukan Kodim 0312 Padang dalam wilayahb Korem 032 adalah kegiatan yang sejalan dengan nilai nilai religius. Hal ini menurut Mahyeldi, merupakan wujud dari kepedulian para petinggi TNI dalam melakukan pembinaan mental pada anak anak bangsa. Apalagi yang mernjadi peserta lomba ini adalah para mahasiswa/wi yang insyaallah 10 sampai 15 tahun kedepan akan menjadi pada pemimpin bangsa dan negara ini. Di samping itu timing kegiatan ini juga sangat tepat, dalam bulan ramadhan dan dalam nuansa memeriahkan peringatan Nuzul Qur’an.

Kasubag Humas UIN IB Padang, Muhammad Nasir, M.A, menjelaskan Lomba Bidang Mental ini dilaksanakan untuk empat cabang atau bidang lomba selama empat hari. Yakni cabang MTQ pelaksanaannya hari Senin 12/06/2017 di Mesjid Baitul Hikmah UIN IB, cabang Hifzil Qur’an 5 dan 10 Juz, pelaksanaannya hari Selasa 13/06/2017, cabang Hadrah pelaksanaannya hari Rabu 14/06/2017 di Buya Mansyur Dt. Nagari Basa dan cabang Paduan Suara juga di Aula Buya Mansyur pada hari Kamis 15/06/2017.

Sejauh ini hampir seluruh perguruan tinggi yang diundang untuk mengikuti lomba ini sudah mendaftarkan pesertanya. Hanya saja tidak semua cabang lomba mereka ikuti. Khusus untuk cabang Hadrah, belum semua perguruan tinggi di Padang ini yang sanggup mengikuti, mengingat cabang ini belum begitu memasyarakat di kalangan umat Islam di Kota Padang. Humas -EN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *